Penghematan listrik jalan keluar krisis listrik

Baru-baru ini terdengar kabar direktur utama PLN dipecat karena tidak berhasil mengatasi krisis listrik yang terjadi di beberapa kota besar di Jakarta. Hal ini tentunya membuat khawatir kita, para pemilik alat elekronik. Bahaya rusak mengancam kita saat terjadi pemadaman lampu/ mati listrik. Lebih daripada itu, krisis listrik telah menyebabkan kerugian bagi para pelaku usaha yang diperkirakan mencapai miliaran rupiah.
Hal ini tentunya bukan angka yang sedikit. Paling tidak hal itulah yang terlintas di pikiran kita mendengar kerugian akibat kurangnya pasokan listrik mencapai miliaran rupiah.
Hal ini tentu saja tidak dapat dibiarkan begitu saja. Kita sebagai masyarakat juga harus berpartisipasi mengatasi krisis listrik. Ada beberapa cara / tips menghindari krisis listrik yang terjadi:
-menggunakan barang elekronik yang hemat listrik
Seringkali kita tidak sadar kalau alat elekronik yang kita gunakan boros listrik. Anda harus cermat dalam melihat seberapa efisien alat anda bekerja. dengan mengganti alat yang memakai listrik lebih efisien akan menambah penghematan listrik anda dan itu berarti anda juga dapat menghemat tagihan listrik anda
-menggunakan seperlunya alat elekronik. misalnya matikan lampu pada siang hari dan jangan membiarkan televisi terus menyala tanpa ada anggota keluarga yang sedang menontonnya. Hal ini dapat menghemat listrik anda.
Ingat, penghematan kecil yang anda buat saat ini akan membawa dampak besar jika dilakukan berulang kali. Oleh karena itu, dibutuhkan kesadaran dari kita semua untuk berpartisipasi aktif dalam melakukan penghematan listrik untuk mencegah dan menanggulangi krisis listrik karena diperkirakan pertumbuhan konsumsi listrik masyarakat kota akan terus meningkat sementara di pihak lain PLN sulit mendapatkan tambahan pembangkit listrik.
Tentu kita tidak boleh langsung menyalahkan PLN atas semua masalah ini. Kita harus turut berpartisipasi mengatasi krisis listrik
Demikian artikel dari saya, semoga bermanfaat..:)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: